LANGKAH PENTING MEMULAI BISNIS 2 - 9 Blok penting BMC

04:09 Unknown 0 Comments



<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- postingan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1214412921957446" data-ad-slot="6868055217"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Kita mengetahui bahwasannya begitu penting sebuah Business Model dalam membangun sebuah bisnis baru. Setelah kita mengetahui begitu pentingnya Business Model dalam postingan sebelumnya dan bagi anda yang belum mengetahui pentingnya Business Model, anda dapat membaca postingan saya sebelumya di Langkah Penting Memulai Bisnis 1.

Dalam postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan 9 blok utama dalam membangun sebuah Business Model Canvas ( BMC ).
BMC ini diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder.
ok, 9 blok utama dalam BMI ini,

1. Customer Segments
Dimana dalam blok yang pertama ini kita menganalisa sifat customer kita.

2. Value Proposition
Sering diaebut juga dengan produk, namun sebenarnya Value Proposition ini lebih dari sekedar produk, Value Proposition berbicara mengenai nilai-nilai lebih yang ditawarkan kepada customer kita, jadi lebih dari sekedar produk yang mana sifatnya tidak terbatas contohnya: Jasa, hak paten, hak pakai dan lain halnya, tidak membatasi Value Proposition hanya sebagai produk saja.

3. Chanel
Setelah kita mengetahui blok pertamaan kedua maka selanjutnya kita harus mengetahui cara menjangkau, bagaimana kita bisa mendelivery produk kita, value proposition kepada customer kita.

4. Customer Relationship
Di blok ini kita mengulas tentang bagaimana kita membangun sebuah relationship dengan customer kita, sehingga cuatomer kita akan datang kembali dan menjadi Customer Royal kita, tentu hal tersebut akan membangun hubungan yang baik pula.

5. Revenue Stream / Aliran Pendapatan
Di blok ini kita akan berbicara hal apa saja yang dapat menghasilkan keuntungan, mendatangkan keuangan bagi bisnis kita, misalnya penjualan secara fisik atau jasa yang mendatangkan uang secara langsung.

6. Key Resources
Setelah kita mengetahui blok-blok sebelumnya yang lebih berhubungan kepada bidang penjualan, dalam blok ini berhubungan dengan bagian produksi atau bagian belakang, dalam blok ini membahas tentang penentuan sumber daya apa saja yang kita butuhkan, contohnya sumber daya yang kita butuhkan adalah lokasi, bangunan, SDM yang sesuai, mesin dll mau seperti apakah kebutuhan kita.

7. Key Activities 
Di sini berbicara mengenai kegiatan operasional seperti apakah yang harus kita lakukan dimulai dari produksi hingga pemasaran bahkan hingga after seles.

8. Key Partnership
Tentunya dalam menjalankan sebuah bisnis kita tidak bisa berdiri sendiri tentu kita membutuhkan partner, disini membahas parner apa saja yang kita butuhkan, misalnya supplier, outsorcer.

9. Cost Structure
Di blok yang terakhir ini membahas tentang pengeluaran apa saja yang kita perlukan untuk menjalankan sebuah bisnis yang akan kita bangun nantinya. Dalam Business Model yang ideal cost structure harus lebih kecil dari Revenue Stream, dengan begitu kita tahu bahwa bisnis yang kita jalani nantinya itu menghasilkan keuntungan atau tidak.

Itulah sedikit gambaran mengenai blok-blok penting yang membangun sebuah Business Model Canvas ( BMC ).
Nah, dalam 9 blok di atas kita dapat membagi menjadi 2 bidang yang berbeda yang mana blok yang pertama hingga blok yang kelima lebih berhubungan dengan bagian penjualan / bagian depan, sedangkan blok yang selanjutnya lebih berhubungan dengan bagian belakang seperti produksi dan operasional.

Anda juga dapat melihat video di bawah ini untuk lebih memahami struktur dan alur Business Model Canvas



Dicukupkan sekian postingan kali ini, dalam postingan selanjutnya masih tentang Langkah Penting Memulai Bisnis yang mana di postingan selanjutnya membahas per blok dengan lebih dalam.
Terus ikuti postingan-postingan yang akan saya muat di blog asalpengetahuan.blogspot.com .
Terimakasih semoga bermanfaat,
Salam pengetahuan.
Assalamualaikum. Wr. Wb. 

0 comments: